Bagi anak-anak, alam yg terbentang
adalah semesta bermain dan belajar. Lingkungan sekolah bukan
satu-satunya tempat belajar anak. Dengan melangkah keluar kelas, bahkan
keluar sekolah, khasanah pengalaman dan pengetahuan anak-anak akan
berkembang lebih luas. Diluar kelas, anak-anak memiliki kesempatan yang
lebih bervariasi untuk mengikuti berbagai petualangan beljar yang
mengandung nilai filosofis, teoritis, sekaligus praktis. Dengan
mengeluarkan anak-anak dari lingkungan tembok kelas, pembelajaran jadi
lebih menantang dan menyenangkan.
Apabila konsep ini diterapkan pada
sekolah sebagai tempat belajar, sesungguhnya setiap lingkungan adalah
ruang belajar; tidak terbatas pada dinding-dinding kelas.
Seorang filsuf Cina bernama Lao-Tzu “memiliki gagasan dahsyat tentang hakikat ruang.
” the reality of the building does not consist in the roof and walls, but in the space within to be lived in.“
” the reality of the building does not consist in the roof and walls, but in the space within to be lived in.“
dalam pernyataan lain , Lao-Tzu menyebutkan ” for the wise man looks into space and he knows there is no limited dimensions.”
Persepsi ruang menurut Lao-Tzu bukanlah
sebidang tanah yang dibatasi dinding dan atap, melainkan tempat
beraktivitas dan tak ada ukuran tertentu untuk menentukan ruang itu.
bayangkan, jika sebuah tema pembelajaran
tentang tumbuhan siswa pergi ke kebun dan sawah, pelajaran ikan, maka
siswa pergi ke kolam ikan atau ke laut. siswa benar-benar melihat
tumbuhan dan ikan hidup, memegang, atau mungkin memasaknya sebagai
hidangan makan siang. . ketika seorang guru bahasa inggris dan bahasa
indonesia mengajarkan materi “describing things”, maka alam; sawah,
gunung, sungai, bangunan; benteng, menara, rumah adat adalah sekolah
asli. begitupun pada materi pelajaran yang lain, matematika, fisika,
biologi, sosial dengan memasukkan sebanyak mungkin unsur alam kedalam
lingkungan belajar, otomatis akan lebih memberi kepuasan terhadap otak
siswa.
Intinya cara pandang holistik dalam pembelajaran mendorong hadirnya ruh dari materi dan menumbuhkan motivasi internal belajar.
sumber inspirasi ;
Kelasnya Manusia_ Munif chatib
Sekolah yang Menyenangkan_IGM (interaktif Gemilang Mutafannin)
RHD (Rumah Hijau Denassa)
FKBS (Forum Kampung Bahasa Sulawesi)
Kelasnya Manusia_ Munif chatib
Sekolah yang Menyenangkan_IGM (interaktif Gemilang Mutafannin)
RHD (Rumah Hijau Denassa)
FKBS (Forum Kampung Bahasa Sulawesi)
SDI Sailong Gowa